Friday, February 17, 2012

Renungan 17 Pebruari 2012


Yak 2:14-24.26; Mzm: 112:1-2.3-4.5-6; Mrk 8:34-9:1

Bangga Memikul Salib


“Biarkan orang melihat Yesus dalam dirimu” demikian sebuah spanduk besar yang dipasang di sebuah Gereja Paroki. Spanduk itu dikhususkan untuk para peserta Kursus Evangelisasi Pribadi (KEP). Pada mulanya saya berpikir kalimat dalam spanduk ini hanya kata-kata saja tetapi setiap kali melewati tempat itu saya semakin terpesona dan merasa dikuatkan: “Biarkan orang melihat Yesus dalam dirimu”.

Yakobus dalam suratnya hari ini mencoba menyatukan iman dan perbuatan. Pada saat itu muncul pandangan: cukup saja dengan iman orang layak di hadirat Tuhan tanpa perlu adanya perbuatan. Tetapi dengan tegas Yakobus mengatakan bahwa iman tanpa perbuatan adalah mati atau kosong. Orang mengatakan bahwa dia beriman, dia juga harus menunjukkan imannya itu kepada orang lain. Iman diungkapkan dalam doa dan ibadah menjadi nyata dalam perbuatan sebagai buah-buah rohani. Jadi baik iman maupun perbuatan keduanya harus sepadan. Untuk meyakinkan komunitasnya Yakobus mangambil contoh Abraham. Abraham tidak hanya beriman tetapi menunjukkan dalam perbuatan nyata ketika meninggalkan kampung halamannya di Ur Kasdim dan ketika diminta Tuhan untuk mempersembahkan Ishak anaknya.

Perwujudan iman yang nyata juga menjadi panggilan bagi para murid Kristus. Tuhan Yesus mengingatkan kita untuk menyerupai Dia. “Barang siapa mau mengikuti Aku, ia harus menyangkal dirinya dan memikul salibnya.” Menyangkal diri berarti membuka diri terhadap segala keprihatinan Yesus. Memikul salib berarti ikut berjuang bersama Yesus untuk  menyelamatkan sesama. Salib berarti semua pengalaman keras, pergumulan hidup pribadi demi kebaikan dan keselamatan sesama. Maka memikul salib hendaknya menjadi kebanggaan kita.

Hidup kristiani menjadi indah ketika kita sadar bahwa kita mengimani Yesus Kristus dan memiliki panggilan luhur untuk menunjukkan Kristus dan InjilNya kepada sesama. Hidup sebagai orang beriman menjadi nyata dalam perbuatan kasih dan pengorbanan diri. Apakah makna salib bagimu? Apakah anda juga bangga memikul salib? Biarkan orang melihat Yesus di dalam dirimu! 

PJSDB

No comments:

Post a Comment