Monday, February 20, 2012

Renungan 20 Pebruari 2012


Yak 3:13-18; Mzm 18:8-10.15; Mrk 9:14-29

Jangan cemburu…Jangan egois!

Kemarin saya menulis Food for thought berbunyi: “Never hate people who are jealous of you, but respect their jealousy. They are people who think that you are better than them!”  Food for thought ini ditanggapi oleh banyak orang dengan penuh sukacita. Hal ini menujukkan bahwa rasa cemburu dan iri hati ada dalam hidup manusia. Setiap orang pasti memilikinya.

Yakobus dalam suratnya menegaskan bahwa hikmat yang benar dalam diri seseorang bertumbuh bersama dengan kemampuan untuk membangun dan memelihara hubungan yang baik dengan sesama. Cara hidup yang baik menyatakan perbuatannya oleh hikmat yang lahir dari kelemahlembutan. Untuk itu orang perlu menghindari perasaan iri hati dan ingat diri atau egois. Kedua hal ini merupakan sumber kejahatan. Sebaliknya hikmat yang benar adalah hidup dalam Roh. Roh Kudus menganugerahkan kemurnian hidup, damai sejahtera, peramah, penurut, penuh belas kasih, tidak memihak dan tidak munafik. Semuanya ini akan menghasilkan ketentraman hati atau kedamaian.

Kebijaksanaan kristiani memiliki dasar yaitu iman dan kepercayaan pada Tuhan Ungkapannya adalah dalam doa. Ketika para Rasul berhadapan dengan seorang yang kerasukan roh jahat sehingga menjadi bisu dan mengalami epilepsy, mereka diminta untuk menyembuhkannya tetapi ternyata mereka tidak mampu. Hanya Yesus yang mampu menyembuhkan. Mengapa? Karena para rasul masih kurang percaya dan belum tahu berdoa.  Seandainya para murid memiliki iman dan kepercayaan dan mampu berdoa maka mereka dapat melakukan segala sesuatu termasuk mengusir roh jahat.

Hidup kristiani menjadi sempurna kalau setiap peribadi memiliki kepenuhan hidup dalam Roh. Buah-buah Roh dapat dinikmati dan dibagikan kepada sesama. Buah-buah Roh yang dimaksud adalah kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan dan kesetiaan (Gal 5:22).  Buah Roh ini akan menghancurkan rasa cemburu dan egois sehingga yang tertinggal hanya kasih dan damai. Bangunlah imanmu, percayalah dan berdoalah senantiasa! Dia pasti membantumu!

PJSDB

No comments:

Post a Comment