Friday, July 13, 2012

Ular dan Merpati


Cerdik seperti ular, tulus seperti  merpati


Permenungan kita hari ini adalah nasihat Yesus kepada para rasulNya: “Lihatlah, Aku mengutus kamu seperti domba ke tengah-tengah serigala, sebab itu hendaklah kamu cerdik seperti ular dan tulus seperti merpati” (Mat 10:16).

Kita semua pasti sepakat untuk bertanya kepada Yesus, mengapa harus menggunakan contoh ular dan merpati? Di dalam Kitab Suci dari Kitab Kejadian sampai Kitab Wahyu terdapat  sekitar 70 kali disebutkan ular sebagai sejenis hewan.Misalnya dari awal Kitab Kejadian dikatakan, “Adapun ular ialah yang paling cerdik dari segala binatang di darat yang dijadikan noleh Tuhan Allah” (Kej 3:1).Dan pada  Kitab terakhir yaitu Wahyu dikatakan, “Malaikat menangkap naga si ular tua itu yaitu iblis dan setan dan ia mengikatnya seribu tahun lamanya” (Why 20:2). Nah ular juga sering dikatakan licik. Ia berpura-pura melihat mangsanya tetapi sekali memagut racunnya dapat mematikan mangsanya.

Merpati adalah jenis burung yang tulus. Di dalam Kitab Suci disebutkan sebanyak 44 kali. Dari Kitab Kejadian 8:8 tentang merpati yang dilepaskan Nuh hingga para pedagang merpati di dalam Bait Allah (Yoh 2: 16). Merpati boleh terbang sampai menempuh jarak yang jauh namun ia akan terbang kembali ke sangkarnya. Perhatikan orang-orang yang hobinya membawa burung merpati dan melepaskan di tempat yang jauh. Merpati akan terbang kembali ke sangkar asalnya. Tentu saja kecuali merpati yang buta maka tidak akan kembali ke sangkar asalnya. Merpati yang berwarna putih menjadi simbol kesucian dan perdamaian. Merpati juga menjadi simbol Roh Kudus.

Menjadi pertanyaan kita, mengapa Yesus mengatakan kepada para rasulNya, “Lihatlah, Aku mengutus kamu seperti domba ke tengah serigala maka kalian harus cerdik seperti ular dan tulus seperti  merpati”  Para Rasul yang diutus itu laksana domba yang penurut, tidak berdaya tetapi mereka harus ingat bahwa Yesus adalah gembala yang baik yang selalu menyertai mereka. Serigala adalah simbol orang-orang yang jahat yang dapat menghancurkan hidup para rasul dan tugas perutusan mereka. Dari situ Yesus menghendaki mereka untuk cerdik seperti ular dalam arti: ketika ada bahaya, mereka jangan mengandalkan dirinya tetapi berlindung pada Tuhan sebagai gembala yang baik. Tulus seperti merpati berarti ketika ada serigala yang datang, para Rasul harus kembali kepada Yesus sebagai “sarang asalnya”. Merpati juga menjadi simbol kebajikan-kebajikan. Ketika mengalami perlakuan tertentu dari orang lain yang tidak enak sekali pun, perlu selalu berbuat baik. Perbuatan baik akan mengalahkan segala kejahatan. maka jadilah orang yang tulus dan cerdik.


PJSDB

No comments:

Post a Comment