Friday, November 16, 2012

Renungan 16 Nopember 2012

Hari Jumat, Pekan Biasa XXXII
2Yoh 4-9
Mzm 119:1.2.10.11.17.18
Luk 17: 26-27

Membangun Peradaban Kasih

Ada seorang anak datang kepadaku dan bercerita. Ia merasa hingga saat usia dewasa ini, ia belum menerima kasih sayang yang adil dari orang tuanya. Orang tuanya selalu membandingkan dirinya dengan saudara-saudaranya. Ketika melakukan suatu pekerjaan, orang tuanya selalu mengatakan “Kakakmu lebih baik dari kamu” atau “Adikmu lebih hebat daripada kamu”. Pengalaman ini membuat dia menjadi tidak percaya diri. Ia seakan mengalami penolakan di dalam keluarga. Ia pernah berpikir seandainya kalau lahir dengan memilih orang tua maka ia tidak akan memilih kedua orang tuanya yang dinilainya tidak adil dalam perhatian kepada anak-anak.

Memang banyak pengalaman dan kisah-kisah yang mirip dengan orang muda ini. Mungkin bukan hanya anak-anak di rumah, tetapi di sekolah pun bisa terjadi demikian. Para siswa mengalami perlakuan yang tidak adil dari guru. Mereka dilecehkan dengan kekerasan fisik dan verbal. Dalam hidup menggereja, banyak umat mengeluh karena para gembala memilih-milih orang yang dilayani. Para gembala lebih tertarik melayani keluarga yang kaya dari pada yang miskin.

Bagaimana menyikapi pengalaman-pengalaman ini?

Yohanes dalam suratnya yang kedua mengajak kita untuk menyadari makna kasih dan menghayatinya. Yohanes mengharapkan agar di dalam gereja sebagai satu komunitas, kita saling mengasihi sebagai saudara. Kasih itu berarti kita harus menuruti perintah-perintahNya dan perintah itu adalah bahwa “kalian harus hidup dalam kasih" Hidup dalam kasih karena Kristus yang lebih dahulu mengasihi kita.

Hidup dalam kasih memiliki dampak yang sangat positif dalam kebersamaan. Kita menghendaki sebuah generasi manusia yang baik, biarkanlah setiap pribadi bertumbuh dalam kasih. Biarkanlah anak-anak, para siswa, generasi mudah merasa bahwa mereka di kasih dan bertumbuh dalam kasih. Hidup dalam kasih juga membantu kita untuk menanti datangnya Tuhan. Kerajaan Allah yang diwartakan Kristus hendaknya dirasakan dan dialami setiap orang. Kerajaan Allah adalah kasih!

Dalam bacaan Injil, Lukas mengisahkan Yesus yang mengulangi kisah-kisah dalam Perjanjian Lama seperti air bah, musnahnya Sodom dan Gomora, dan hancurnya kota Yerusalem sebagai gambaran akhir zaman. Kita diperingatkan untuk selalu siap sedia menanti datangnya Tuhan. Semua yang ada di dunia ini sifatnya sementara, dan yang harus kita cari adalah hidup kekal di Surga.

Sabda Tuhan hari ini membuka wawasan kita untuk berusaha dan bertumbuh dalam kasih. Mari kita membangun sebuah generasi kasih, generasi dengan peradaban kasih. Dunia tentu akan berubah menjadi lebih baik. Anda mau?

Doa: Tuhan semoga kami mampu mengasihi. Amen

PJSDB

No comments:

Post a Comment