Friday, January 6, 2012

Renungan 6 Januari 2012


1Yoh 5:5-13; Mzm 147: 12-15;19-20; Mrk 1:7-11

Siapakah Yesus itu?

Figur Yohanes Pembaptis menjadi inspirasi sepanjang  masa adventus dan masa natal.
Penginjil Markus memberi kesaksian hari ini tentang Yohanes Pembaptis dan perutusannya. Salah satu tugas pentingnya adalah memberi kesaksian tentang Yesus. Menurut Yohanes Pembaptis, Yesus adalah pribadi yang memiliki kuasa yang besar melebihi semua orang. Yohanes sendiri merasa kecil di hadapan Yesus sehingga ia berkata: “Membungkuk dan membuka tali sepatunya pun aku tidak layak!” Yesus adalah pribadi yang akan membaptis dengan Roh Kudus. Yohanes merasa bahwa dia hanya manusia yang membaptis dengan air biasa. Kesaksian Yohanes ini sangat penting karena ia berusaha supaya semua orang mengikuti Yesus dan tidak melekat pada dirinya sebagai manusia.

Penginjil Markus juga memberi kesaksian bahwa setelah Yesus dibaptis  di sungai Yordan oleh Yohanes Allah Bapa sendiri memberi kesaksian tentang Yesus setelah dibaptis: “Engkaulah Anak yang Kukasihi, kepadaMulah Aku berkenan”. Yesus adalah Putera nyang dikasih Allah Bapa dan Dialah yang menampakan Bapa dan RohNya kepada manusia .

Baik manusia (Yohanes Pembaptis) maupun Allah Bapa sendiri menjadikan Yesus sebagai pusat pandangan kita pada hari ini. Ia adalah anak Allah yang datang dengan air dan darah. Dan karena itu Allah Bapa mengaruniakan hidup kekal kepada manusia dalam diri Yesus sang Putera. Jadi memiliki Allah berarti memiliki Yesus sumber hidup kekal. Roh Kuduslah yang bersaksi tentang hidup kekal yang dianugerahkan Bapa dalam Putera.

Hari ini semua mata memandang pada Yesus. Dia adalah satu-satunya penyelamat umat manusia. Dia adalah hidup kekal manusia. Dia memiliki kuasa yang melampaui kuasa semua manusia di atas bumi ini. Kasih Bapa terpusat padaNya dan Dia menjadi inspirasi cinta kasih kita. Yesus adalah segalanya  bagi kita. Kita membutuhkan Dia dalam hidup kita. Terlepas dari Yesus kita tidak dapat berbuat apa-apa (Yoh 15:5). Bukalah matamu dan pandanglah Yesus. Dia mengasihimu saat ini dan selamanya.
 PJSDB

No comments:

Post a Comment